SAFITRI, YULIYANI (2022) HUBUNGAN PERILAKU CARING DAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT KUNINGAN MEDICAL CENTER TAHUN 2022. skripsi thesis, STIKes Kuningan.
Text (JUDUL - DAFTAR ISI)
File 1_Yuliyani Sapitri_CKR0180193 - Yuliyani Sapitri.docx Download (829kB) |
|
Text (BAB I - DAFTAR PUSTAKA)
File 2_Yuliyani sapitri_CKR0180193 - Yuliyani Sapitri.docx Restricted to Repository staff only until September 2032. Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File 3_Yuliyani sapitri_CKR0180193 - Yuliyani Sapitri.docx Restricted to Repository staff only until September 2032. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (JURNAL)
File 4_Yuliyani sapitri_CKR0180193 - Yuliyani Sapitri.docx Download (131kB) |
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan hal yang penting untuk instalasi kesehatan seperti Rumah Sakit sebagai penilaian pasien selama berada di rumah sakit tersebut dan bisa menjadi semangat pegawai yang bekerja khususnya bagi perawat yang melakukan pelayanan. Perilaku caring dalam praktik keperawatan merupakan kemampuan seseorang untuk selalu waspada dan selalu mempunyai rasa empati kepada orang lain dengan tujuan agar bisa meningkatkan rasa aman dan nyaman terhadap pasien. Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan dan dilakukan dengan tujuan penyembuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan perilaku caring dan komunikasi teurapeutik dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap Rumah sakit Kuningan Medical Center Tahun 2022. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi berjumlah 700 orang dengan teknik Accidental sampling. Analisis statistik dilakukan dengan cara univariat dan bivariat dengan metode Rank spearman. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil: Analisis Rank Spearman didapatkan hubungan antara perilaku caring dengan kepuasan pasien dengan nilai (P = 0,004), dan terdapat pula hubungan antara komunikasi teurapeutik dengan kepuasan pasien dengan nilai (P = 0,001). Simpulan: Perlu ditingkatkan Perilaku Caring dan Komunikasi terapeutik dalam pelayanan di instalasi rawat inap Rumah Sakit Kuningan Medical Center Tahun 2022. Kata Kunci: Perilaku Caring, Komunikasi Teurapeutik, Kepuasan Pasien, Instalasi Rawat Inap. Kepustakaan : 8 buku (2013-2021), 17 Jurnal (2014-2021), 3 Artikel (2014-2021).
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Caring, Komunikasi Teurapeutik, Kepuasan Pasien, Instalasi Rawat Inap | |||||||||
Subjects: | Ilmu Kesehatan > 610 Kedokteran & Keperawatan | |||||||||
Divisions: | Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Linda Puspita Sari | |||||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2023 03:07 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2023 03:07 | |||||||||
URI: | http://eprints.stikku.ac.id/id/eprint/233 |
Actions (login required)
View Item |