Search for collections on Repository STIKKU

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSUD LINGGAJATI KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2022

LISTYANA, ADE (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSUD LINGGAJATI KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2022. skripsi thesis, STIKes Kuningan.

[img] Text (JUDUL - DAFTAR ISI)
FILE 1_Ade Listyana_CMR0180002 - Ade Listyana.pdf

Download (801kB)
[img] Text (BAB 1 - DAFTAR PUSTAKA)
FILE 2_Ade Listyana_CMR0180002 - Ade Listyana.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2032.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
FILE 3_Ade Listyana_CMR0180002 - Ade Listyana.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2032.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
FILE 4_Ade Listyana_CMR0180002 - Ade Listyana.pdf

Download (254kB)

Abstract

Latar Belakang : Kualitas pelayanan kesehatan pada rumah sakit dapat diketahui dari penampilan professional personil rumah sakit, efektif dan efesien pelayanan serta kepuasan pasien. Meningkatnya mutu pelayanan kesehatan Rumah Sakit ditandai dengan 2.598 rumah sakit di Indonesia sebanyak 777 Rumah Sakit di Indonesia telah terakreditasi secara nasional. RSUD Linggajati merupakan rumah sakit yang mendapatkan penilaian tebanyak sangat tidak puas dari masyarakat sebesar (3,0%) dibandingkan dengan instansi pemerintah lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD Linggajati Kabupaten Kuningan tahun 2022. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas III yang berusia >17 tahun dengan jumlah rata-rata pada tiga bulan terakhir yaitu 285 pasien. Sampel yang diambil menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampe 167 pasien. Teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara kuesioner kepada pasien rawat inap kelas III dan analisis data yang digunakan adalah rank spearman. Hasil : Analisis univariat diperoleh variabel mutu pelayanan kesehatan sebagian besar mengatakan pelayanan bermutu (55,7%), pada variabel kepuasan lebih dari setengahnya mengatakan puas (51,5%). Hasil uji rank spearman menunjukan ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III diperoleh nilai ρ-value sebesar 0,000 dan nilai R = 0,799. Simpulan : Ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD Linggajati Kabupaten Kuningan Tahun 2022. Perlu adanya survei kepuasan secara berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSaprudin, AdeUNSPECIFIED
Thesis advisorOktavia, BellaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mutu pelayanan kesehatan, Kepuasan Pasien, Rawat Inap Kelas III, RSUD Linggajati
Subjects: Ilmu Kesehatan > 614 Kesehatan Masyarakat
Divisions: Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Admin Muflihah SIP
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:05
Last Modified: 20 Dec 2022 07:26
URI: http://eprints.stikku.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item