Search for collections on Repository STIKKU

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN PADA PESERTA BPJS KESEHATAN KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2021

NISA, KHAIRUNNISA (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN PADA PESERTA BPJS KESEHATAN KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2021. skripsi thesis, STIKes Kuningan.

[img] Text (JUDUL_DAFTAR ISI)
FILE 1_ NISA KHAIRUNNISA_CMR0170055 - Nisa Khairunnisa.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB 1 s/d BAB 5)
FILE 2_NISA KHAIRUNNISA_CMR01760055 - Nisa Khairunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2032.

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
FILE 3_NISA KHAIRUNNISA_CMR0170055 - Nisa Khairunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2032.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ISI JURNAL)
FILE 4_ NISA KHAIRUNNISA_CMR0170055 - Nisa Khairunnisa.pdf

Download (737kB)

Abstract

Latar Belakang : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada presiden dan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di indonesia. Mobile JKN merupakan suatu transformasi digital model bisnis dalam bentuk aplikasi. Jumlah peserta program Jminan Kesehatan Nasional (JKN) mencapai 222,5 juta orang per tanggal 31 Desember 2020, atau setara dengan 81,3% populasi di Indonesia. Peserta BPJS Kesehatan Kuningan pada tahun 2020, jumlah peserta yang yang telah terdaftar BPJS Kesehatan di Kuningan yaitu 896.121 peserta dengan jumlah pengguna Mobile JKN yaitu 55.523 peserta atau sebesar 6%. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang adalah survei analitik. Dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Dengan jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 896.121 peserta dan 100 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil : Pegetahuan peserta JKN-KIS didapatkan 45 responden (45.9%) memiliki pengethuan cukup, 40 responden (40.8%) memiliki pengetahuan baik dan 13 responden (13.3%) memiliki pengetahuan kurang. Sikap negatif responden terhadap penggunaan Mobile JKN yaitu 55 responden (55%), sedangkan sikap responden yang postif yaitu 45 responden (45%). Tidak terdapat hubungan terhadap pengetahuan responden dengan penggunaan aplikasi Mobile JKN (0.310 ≥ 0.05). Dan tidak terdpat hubungan sikap dengan penggunaan aplikasi Mobile JKN pada responden (0.538 ≥ 0.05). Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan pengetahuan dan sikap dengan penggunaan aplikasi Mobile JKN. Saran : Diharapkan peserta BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan pelayanan administrasi dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSuparman, RossiUNSPECIFIED
Thesis advisorIndrayani, -UNSPECIFIED
Divisions: Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Hamidah Kampus 2
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:21
Last Modified: 04 Apr 2023 04:37
URI: http://eprints.stikku.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item