Search for collections on Repository STIKKU

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA BPJS DI RUMAH SAKIT PERMATA KUNINGAN TAHUN 2022

EPRYANSYAH, EGI (2022) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA BPJS DI RUMAH SAKIT PERMATA KUNINGAN TAHUN 2022. skripsi thesis, STIKes Kuningan.

[img] Text (JUDUL - DAFTAR ISI)
file 1 - EGI EPRYANSYAH CMR0180009 - Egi Epryansyah.pdf

Download (840kB)
[img] Text (BAB 1 - DAFTAR PUSTAKA)
FILE 2- EGI EPRYANSYAH CMR0180009 - Egi Epryansyah.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2032.

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
FILE 3- EGI EPRYANSYAH CMR0180009 - Egi Epryansyah.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2032.

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
FILE 4- EGI EPYANSYAH CMR0180009 - Egi Epryansyah.pdf

Download (246kB)

Abstract

Latar Belakang : Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian pasien terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS yang berkaitan dengan bukti fisik pelayanan, kehandalan pelayanan, tanggapan pelayanan, jaminan pelayanan, dan emphaty pelayanan, di Rumah Sakit Permata Kuningan. Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan tentang apa yang harapkan. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat jalan pengguna BPJS yang berusia >17 tahun dengan jumlah rata-rata pada tiga bulan terakhir yaitu 210 pasien. Sampel yang diambil menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampe 50 pasien. Teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara kuesioner kepada pasien rawat jalan pengguna BPJS dan analisis data yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil : Analisis univariat diperoleh variabel kualitas pelyanan kesehatan sebagian besar mengatakan pelayanan baik (90,0%), pada variabel kepuasan sebagian besar mengatakan puas (92,0%). Hasil uji Chi-Square menunjukan ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS diperoleh nilai ρ-value sebesar 0,000 dan nilai OR = 66,000. Simpulan : Ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS di rumah sakit Permata Kuningan Tahun 2022. Perlu adanya survey kepuasan secara berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorStella Amalia, IccaUNSPECIFIED
Thesis advisorBudiman, IdingUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan kesehatan, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan Pengguna BPJS di Rumah Sakit Permata Kuningan Quality of health services, Patient Satisfaction, Outpatient BPJS users at Permata Kuningan Hospital
Subjects: Ilmu Kesehatan > 614 Kesehatan Masyarakat
Divisions: Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Admin Muflihah SIP
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:38
Last Modified: 20 Dec 2022 07:33
URI: http://eprints.stikku.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item View Item