Search for collections on Repository STIKKU

HUBUNGAN ANTARA KINERJA KADER DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN POSYANDU DI DESA CARACAS KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2022

SARI, INKA KARTIKA (2022) HUBUNGAN ANTARA KINERJA KADER DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN POSYANDU DI DESA CARACAS KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKes Kuningan.

[img] Text (JUDUL - DAFTAR ISI)
file_1_Inka Kartika Sari_CKR0180095 - Dewi Nurwidia.pdf

Download (710kB)
[img] Text (BAB I - DAFTAR PUSTAKA)
file_2_Inka Kartika Sari_CKR0180095 - Dewi Nurwidia.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2032.

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
file_3_Inka Kartika Sari_CKR0180095 - Dewi Nurwidia.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2032.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Kinerja posyandu sempat mengalami penurunan pada awal tahun 2000-an sebagai akibat krisis multi-dimensi yang berkepanjangan, hal tersebut diketahui karena ada laporan gizi buruk dari berbagai wilayah tanah air. Penurunan di rasakan menyusul kurangnya keterampilan kader, tidak ada dukungan operasional posyandu, sarana dan prasarana yang tidak cukup, serta lemahnya pembinaan. Menyadari hal tersebut, dilakukan revitalisasi posyandu meliputi biaya operasional, latihan ulang kader, penyediaan sarana pendukung pembinaan. Ketidakpuasan pengguna posyandu dapat menyebabkan penurunan kunjungan posyandu. Tujuan Penelitian : Untuk menganalisis hubungan antara kinerja kader dengan tingkat kepuasan pelayanan posyandu di Desa Caracas Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan Tahun 2022. Metode : Jenis penelitian ini merupakan analitik dengan rancangan cross-sectional. Jumlah populasi sebanyak 113 ibu balita. Metode yang dilakukan menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling yaitu sebanyak 53 responden. Data penelitian diambil melalui kuesioner yang sudah diuji validitas dengan r=0,468. Uji korelasi menggunakan Rank Spearman. Hasil Penelitian : Hasil analisis univariat menunjukan bahwa kinerja kader dalam memberikan pelayanan pada masyarakat sebagian besar kinerja baik, yaitu sebanyak 38 responden (71,7%). Tingkat Kepuasan pelayanan posyandu sebagian besar responden merasa puas, yaitu sebanyak 48 responden (90,6%). Hasil uji Rank Spearman diperoleh dengan nilai ρ=0,000. Simpulan : Disimpulkan ada hubungan antara kinerja kader dengan tingkat kepuasan pelayanan posyandu. Saran : Kepada kader untuk tetap mempertahankan pelayanan yang sudah baik, dan berusaha agar selalu mampu memberikan pelayanan yang memuaskan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSAPRUDIN, NANANG0405108503
Thesis advisorNENGSIH, NENENG ARIA0407108102
Uncontrolled Keywords: Kinerja Kader, Kepuasan, Pelayanan posyandu
Subjects: Ilmu Kesehatan > 610 Kedokteran & Keperawatan
Divisions: Ilmu Keperawatan
Depositing User: Linda Puspita Sari
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:15
Last Modified: 23 Jun 2023 04:15
URI: http://eprints.stikku.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item