MACHMUDAH, NASIATUL LAILI (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KLINIK NAYAKA ERA HUSADA 01 PRATAMA PLUMBON KABUPATEN CIREBON TAHUN 2021. Skripsi thesis, STIKes Kuningan.
Text (JUDUL_DAFTAR ISI)
File 1_Nasiatul Laili Machmudah_CMR0170022 - elinnn nsl.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB 1 S/D BAB V)
File 2_Nasiatul Laili Machmudah_CMR0170022 - elinnn nsl.pdf Restricted to Repository staff only until September 2032. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File 3_Nasiatul Laili Machmudah_CMR0170022 - elinnn nsl.pdf Restricted to Repository staff only until September 2032. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (ISI JURNAL)
File 4_Nasiatul Laili Machmudah_CMR0170022 - elinnn nsl.pdf Download (264kB) |
Abstract
Latar Belakang : Pemanfaatan pelayanan kesehatan online dapat diukur dengan frekuensi responden dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan online. Kurangnya pemanfaatan pada saat awal diadakan pelayanan kesehatan online pada bulan april tahun 2020. Permasalahanya masih banyak pasien yang kurang memahami , dengan jumlah persentase (0,084%) di Indonesia, di Jawa Barat (0,073%) dan (38,65%) di Kabupaten Cirebon. Hal ini adalah sebagian yang memanfaatkan pemanfaatan pelayanan online, permasalahan tersebut disebabkan dari cara pelayanan kesehatan online dan kurangnya aksesibilitas terhadap sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan online. Metode : Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan pendekatan crosssectional, dilakukan tanggal 26-28 Agustus 2021 di Klinik Nayaka Era Husada 01 Pratama Plumbon Kabupaten Cirebon. Sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling sebanyak 159 responden. Instrumen menggunakan kuisoner melalui google from. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil : Terdapat sebanyak (52,2%) responden memiliki pendidikan tinggi SMA-PT, pengetahuan baik (42,1%), sikap positif (51,6%), aksesibilitas terhadap sarana dan prasarana mudah (80%) dan memanfaatkan pelayanan kesehatan online (51,6%). Hasil analisis bivariat diperoleh dengan nilai p=0,000 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan pada variabel bebas. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pendidikan, pengetahuan, sikap, aksesibilitas terhadap sarana dan prasarana dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan online pada masa pandemi Covid-19 di Klinik Nayaka Era Husada 01 Pratama Plumbon Kabupaten Cirebon Tahun 2021. Saran : Klinik disarankan untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan online pada masa pandemi COVID-19 sehingga pasien terbiasa dalam pelayanan tersebut. Kata Kunci : Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan, Pelayanan berbasis online, Pengetahuan, Sikap, Aksesibiltas, pandemi Covid-19 Kepustakaan : Jurnal 27, Buku 18, Artikel 2 (2012-2021)
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Ilmu Kesehatan > 614 Kesehatan Masyarakat | |||||||||
Divisions: | Ilmu Kesehatan Masyarakat | |||||||||
Depositing User: | Hamidah Kampus 2 | |||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2023 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2023 07:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.stikku.ac.id/id/eprint/244 |
Actions (login required)
View Item |