RAHMAYANTI, DITA (2022) EFEKTIVITAS SELF TALK DAN BRAIN GYM TERHADAP PERILAKU PROKRATINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKES KUNINGAN TAHUN 2022. skripsi thesis, STIKes Kuningan.
Text (JUDUL - DAFTAR ISI)
FILE 1_DITA RAHMAYANTI_CKR0180163 - Dita Rahmayanti.pdf Download (713kB) |
|
Text (BAB I - DAFTAR PUSTAKA)
FILE 2_DITA RAHMAYANTI_CKR0180163 - Dita Rahmayanti.pdf Restricted to Repository staff only until September 2032. Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
FILE 3_DITA RAHMAYANTI_CKR0180163 - Dita Rahmayanti.pdf Restricted to Repository staff only until September 2032. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (JURNAL)
FILE 4_DITA RAHMAYANTI_CKR0180163 - Dita Rahmayanti.pdf Download (325kB) |
Abstract
Latar Belakang: Kejadian prokratinasi akademik yang terjadi khususnya pada mahasiswa, biasanya karena mahasiswa itu sendiri tidak paham betul tentang apa yang telah dijelaskan oleh dosen. Permasalahan yang sering muncul juga yaitu karena ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dengan apa yang dipelajarinya. Tujuan untuk mengetahui efektivitas self talk dan brain gym terhadap perilaku prokratinasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Metode: Jenis penelitian ini merupakan quasi experimental dengan metode pretest-posttest with two group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan jumlah populasi sebanyak 133 mahasiswa keperawatan menjadi 30 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu, 15 responden dilakukan intervensi self talk dan 15 responden dilakukan intervensi brain gym. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Analisa univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan uji paired sample t-test lalu uji independent sample t-test. Hasil: Hasil penelitian didapatkan, hampir sebagian responden memiliki perilaku prokratinasi akademik sebelum dilakukan self talk dalam kategori negatif (40%), setelah dilakukan self talk hampir seluruhnya responden dalam kategori positif (86,7%). Sementara, untuk perilaku prokratinasi akademik sebelum dilakukan brain gym hampir sebagian responden dalam kategori negatif (33,3%), setelah dilakukan brain gym hampir seluruhnya responden dalam kategori positif (73,3%). Hasil dari pengolahan data bivariat, self talk memiliki p value 0,000 dan brain gym memiliki p value 0,000. Simpulan: Terdapat efektivitas self talk dan brain gym terhadap perilaku prokratinasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Saran: Dapat diaplikasikan dengan dibimbing oleh ketua kelas kepada mahasiswa yang kurang dalam berkonsentrasi dan cenderung tidak percaya diri. Kata kunci : Self talk, brain gym, perilaku prokratinasi akademik Kepustakaan : 3 Buku (2018-2019), 41 Jurnal (2016-2022), 9 Skripsi (2018- 2020), 1 Artikel (2020)
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Self talk, brain gym, perilaku prokratinasi akademik | |||||||||
Subjects: | Ilmu Kesehatan > 610 Kedokteran & Keperawatan | |||||||||
Divisions: | Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Linda Puspita Sari | |||||||||
Date Deposited: | 29 Dec 2022 02:47 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2022 07:07 | |||||||||
URI: | http://eprints.stikku.ac.id/id/eprint/121 |
Actions (login required)
View Item |